Ini Dia Perbedaan Internet Fiber dan Wireless Internet

Ini Dia Perbedaan Internet Fiber dan Wireless Internet

Istilah internet fiber dan wireless internet tentu saja sudah tak asing lagi bagi telinga pemain dunia internet. Karena keduanya sama-sama merupakan teknologi yang dipakai untuk mengakses sebuah internet. Hanya saja, keduanya sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itulah, sebelum membahas lebih jauh lagi, kali ini akan kami berikan penjelasan keduanya. Sehingga, Anda tahu mana yang cocok untuk Anda.

Dimulai dari fiber optic itu sendiri merupakan sebuah teknologi yang menggunakan plastik dan benang kaca sebagai alat untuk mengirimkan sebuah data.  Plastik atau serat kaca itu nanti akan bertugas untuk menstransmisikan pesan yang telah dimodulasi menjadi sebuah gelombang cahaya. Jadi, bisa dibilang bahwa menggunakan fiber optic itu jauh lebih baik dari pada masih menggunakan cara yang tradisional.

Saat Anda menggunakan cara yang masih tradisional berupa wireless internet, Anda menggunakan logam. Sehingga, kecepatan bandwidthnya menjadi jauh lebih kecil dibandingkan menggunakan fiber optic. Itu artinya kabel milik fiber optic itu datanya lebih banyak. Sedangkan wireless masih memakai gelombang elektromagnetik berupa infra merah dan radio menjadi pengganti dari media kabel. Ada 3 macam yang membedakan keduanya, antara lain:

Perbedaan Fiber Internet dengan Wireless Internet

Pertama, bila dilihat dari biaya pemasangan beserta biaya pemeliharaannya, wireless jauh lebih murah dibandingkan menggunakan fiber optic. Hal ini dikarenakan wireless tidak punya fasilitas fisik yang banyak dan lengkap seperti jaringan internet fiber. Wireless Cuma butuh biaya pemasangan peralatan dan stasiun yang dipinjam pada para penggunanya. Sehingga, wireless tidak butuh biaya khusus untuk pemeliharaan.

Hal ini dikarenakan memang tidak ada yang namanya infrastruktur fisik. Tak heran bila biayanya jauh lebih terjangkau. Ini berbeda sekali bila Anda menggunakan fiber optik. Biaya pemeliharaan dan pemasangannya cukup mahal. Selain itu, harus disiapkan pula jalurnya di antara 2 titik. Karena untuk menggunakan fiber optic ini harus memasang peralatan transmisi dan juga kabelnya dulu.

Kedua, melihat perbedaan dari segi perbaikannya, memperbaiki wireless itu sama halnya dengan proses pengiriman informasi yang dimulai dari titik satu ke titik yang lain memakai spektrum radio gelombang mikro. Dari sinilah semua informasinya akan dipancarkan ke pusat antena penerima. Biasanya, dalam praktiknya kerap terjadi kendala berupa koneksi line of sight.

Namun meksipun begitu, kendalanya relatih lebih kecil dan mudah diperbaiki. Bahkan, proses perbaikannya bisa mencapai 50% jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan fiber optic. Karena kecepatan data yang akan dikirim oleh fiber optic itu tidak secepat cahaya. Bahkan kecepatannya tidak dapat mendekati sama sekali. Cahaya bergerak jauh lebih baik dibandingkan informasi yang dikirim lewat kabel logam.

Disamping itu, waktu yang dibutuhkan oleh internet fiber untuk menerima perintah dan juga mengirimkan jawabannya juga lebih tinggi dibandingkan dengan wireless. Sebagai perbandingannya, bisa dilihat dari sinyal gelombang mikro wireless yang punya latency sebesar 5.4 mikro detik. Sedangkan cahaya fiber optik pergerakannya mencapai 8.01 mikro detik/ mil. Jadi bisa dilihat perbedaan keduanya disini.

Ketiga, jika dilihat dari segi keamanannya, meskipun jaringan fiber internet itu masih kalah dari 2 point, berupa pemeliharaan dan juga biaya pemasangannya, fiber optic jauh lebih baik dari segi keamanannya. Bahkan, keamanan dari fiber itu jauh lebih baik karena sinyal jaringannya bekerja tidak lewat udara. Sehingga, hal ini membuatnya aman dari penyadapan ataupun koneksi yang ilegal. Sehingga, aman untuk bisnis.

Alasan Internet Fiber Speednya Sempurna

Yang namanya kecepatan internet itu pada dasarnya tergantung dari berapa banyak yang bisa ditampung terlebih dahulu. Misalnya saja seperti DSL dan juga internet kabel. Mulanya, keduanya ini Cuma dibuat untuk mengirim pesan suara saja. Dengan begitu, jumlah data yang bisa ditampung menjadi terbatas. Maka dari itulah, jika berbicara tentang internet satelit, maka jangan pernah berharap memiliki kecepatan yang lebih baik.

Karena internet satelit itu memiliki jarak yang begitu jauh untuk dilewati. Sehingga, kecepatannya menjadi sama seperti kabel, DSL, dan internet, hanya saja punya latensi yang jauh lebih tinggi. Sebaliknya, untuk serap optik sendiri telah mentransfer data memakai cahaya yang sudah dimodulasi. Prosesnya ini bukan lagi menggunakan listrik yang bisa memberi bandwidth yang lebih tinggi.

Karena, koneksi dari internet fiber itu bisa bekerja menggunakan kecepatan sampai dengan 1 giga byte/ detik. Bisa dibilang, kecepatannya bisa 100 kali jauh lebih baik dibandingkan koneksi internet yang masih menggunakan kawat dari tembaga lama. Kesimpulannya adalah tidak ada yang namanya jauh lebih baik dibandingkan internet yang menggunakan fiber, jika dipakai untuk streaming ataupun bermain game.

Alasan Harus Memasang Fiber Internet

Umumnya, internet fiber itu merupakan pilihan yang terbaik. Karena internet yang menggunakan fiber itu dapat diandalkan dan bebas speed lemot. Seperti yang diketahui bahwa internet itu banyak fungsinya. Misalnya saja, untuk streaming video, bermain game secara online, ataupun mengunduh file secara bersamaan. Tentu saja semua aktivitas itu membutuhkan speed yang cepat dan stabil.

Maka dari itulah dibutuhkan fiber optic untuk membuat internet Anda semakin lebih lancar. Meskipun sayangnya sekarang ini area internet yang menggunakan fiber masih sangat terbatas. Tidak semua tempat dijangkau oleh fiber. Sehingga, Anda harus sabar menunggu bila wilayah Anda belum terpasang jalur fiber. Dan beruntunglah sekali bila di tempat tinggal Anda saat ini sudah tercover oleh jaringan internet fiber.